• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    BPS Prabumulih Butuh 120 Tenaga Petugas Sensus

    15 Maret 2013, Maret 15, 2013 WIB Last Updated 2013-03-15T11:41:17Z
    masukkan script iklan disini
    Dapatkan Segera Promonya di Sini
    PRABUMULIH, PM -Untuk mengetahui data akurat dan terkini tentang jumlah lahan pertanian, Badan Pusat Statistik menyaring 120 petugas sensus pertanian di kota Prabumulih, dari tanggal 1-31 Mei 2013 mendatang.

    Penerimaan anggota sensus ini, dilakukan BPS Prabumulih seiring perkembangan kota tiap tahun yang menyebabkan hampir seluruh lahan pertanian berubah menjadi pusat perekonomian. Selain itu, dana yang akan dihabiskan untuk melakukan kegiatan rutin 10 tahunan ini, yakni berkisar Rp 600 juta. Tidak hanya itu, jumlah petugas yang akan diterjunkan secara langsung mencapai 120 petugas yang harus memiliki pengalaman dan mampu menulis dengan baik.


    Kepala BPS kota Prabumulih, Yusron SE mengatakan, kegiatan Sensus Pertanian (SP) rutin dilakukan setiap 10 tahun sekali. Hal itu dilakukan selain utnuk mendapat data akurat terkait pertanian di seluruh indonesia juga diperlukan untuk mengevaluasi kinerja pertanian.

    "Acara ini 10 tahunan, sebagai data acuan survei-survei pertanian juga diperlukan untuk menyusun perencanaan pembangunan pertanian di Indonesia khusunya kota Prabumulih,"katanya, Rabu (13/3) ketika ditemui diruang kerjanya.

    Yusron menambahkan, untuk melancarkan kegiatan sensus saat ini pihaknya tengah melakukan seleksi calon petugas ST. "Pihaknya akan menyeleksi petugas hingga mendapatkan 120 petugas yang tangguh. Adapun petugas yang diperlukan yakni sebanyak 30 petugas yang akan dijadikan koordinator tim (kortim) dan sebanyak 90 petugas pencacah lapangan (PCL)," terangnya.

    Disebutkannya, adapun penempatan 120 petugas tersebut, menurut Yusron, dipisah ke enam Kecamatan yakni di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) akan ditempatkan 17 petugas, Kecamatan Prabumulih Selatan sebanyak 16 petugas, Prabumulih Timur 27 petugas, Prabumulih Barat 28 petugas, Prabumulih Utara sebanyak 11 petugas dan Kecamatan Cambai sebanyak 21 petugas. "Petani akan didata di seluruh kota Prabumulih dengan pembagian menjadi 314 blok sensus," jelasnya.

    Selain itu, kata Yusron, adapun jenis cakupan pertanian yang akan didata yakni usaha pertanian di subsektor tanaman pangan, holtikultura, perternakan, peekebunan, perikanan dan kehutanan.

    "Data yang dihasilkan nantinya diantaranya berupa tentang luas lahan, jenis irigasi, jumlah rumah tangga pertanian, peternakan dan karateristik sosial demografi," tandasnya. (bmg)
    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS