• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    Jadi Juri Lomba Cipta Menu B2SA, Jessica Apresiasi Kreatifitas Peserta

    12 Juni 2023, Juni 12, 2023 WIB Last Updated 2023-06-13T11:54:10Z
    masukkan script iklan disini
    Dapatkan Segera Promonya di Sini


    POSMETRO.ID | PRABUMULIH - Politisi Partai PKS yang juga owner Catering Bunda Prabumulih Jessica Harthy mengapresiasi kreatifitas peserta Lomba Cipta Menu B2SA di acara kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman konsumsi pangan bergizi berbasis sumber daya lokal lomba cipta menu B2SA Tingkat Kota Prabumulih Tahun 2023.


    “Dari ajang lomba ini, masyarakat tentu semakin terinspirasi untuk menggunakan bahan-bahan lokal yang tersedia dengan kreativitas dan kecerdikan dalam menciptakan hidangan sehat dan lezat. Dari kegiatan ini kita berharap dapat membawa manfaat jangka panjang bagi kesehatan, ekonomi, dan budaya lokal di Kota Prabumulih” ujarnya.


    Dikatakan, dengan semangat lomba ia mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama mendorong penganekaragaman konsumsi pangan bergizi berbasis sumber daya lokal sebagai bagian dari gaya hidup sehat dan berkelanjutan. 


    Melalui kegiatan ini, Jessica yang juga Caleg Partai PKS Dapil 1 Prabumulih itu berharap Lomba Cipta Menu B2SA menjadi kesempatan untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan sesama peserta, juri, dan masyarakat. 


    “Harapan kita peserta bisa memperluas jaringan dalam dunia kuliner dan mendapatkan umpan balik berharga dari para ahli dan penggiat pangan. Kami berharap hubungan yang terjalin dalam lomba ini dapat berlanjut dalam rangka menciptakan inovasi dan solusi pangan serta peluang usaha kuliner yang terbuka lebar” imbuhnya.


    Didaluat sebagai juri dalam acara lomba cipta menu, Jessica mengaku terpukau pada salah satu menu buatan Desa Pangkul yakni menu bernama Lontong Pisang Kuah Kare. 


    Menurutnya menu tersebuta kaya rasa dan mengenyangkan. Dimana, kombinasi lontong, pisang, dan kuah kare menciptakan hidangan yang kaya akan tekstur dan rasa. Lontong yang kenyal, pisang yang lembut, dan kuah kare yang gurih memberikan kepuasan dan membuat hidangan ini menjadi makanan yang mengenyangkan.


    “Dalam keseluruhan, lontong pisang kuah kare adalah hidangan yang menggabungkan rasa manis, gurih, pedas, dan aromatik dalam satu sajian. Kombinasi rasa yang harmonis ini memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan dan membuat lidah terpikat”pungkasnya.


     Sebagaimana diketahui, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Prabumulih menggelar Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman) sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman konsumsi pangan bergizi, Senin (12/06/2023) di pendopoan Rumdin Walikota Prabumulih.


    Lomba ini bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menciptakan menu-menu sehat yang memanfaatkan sumber daya lokal secara optimal.


    Penganekaragaman konsumsi pangan bergizi menjadi penting dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan memanfaatkan sumber daya lokal, seperti bahan pangan tradisional, hasil pertanian lokal, dan rempah-rempah khas daerah, peserta mampu menciptakan menu yang menggugah selera dan kaya akan nutrisi.


    Pantauan POSMETRO.ID, Lomba Cipta Menu B2SA tampak melibatkan masyarakat Kota Prabumulih, baik individu maupun kelompok, untuk berpartisipasi dalam menciptakan menu-menu sehat yang kreatif dan inovatif. Selain peserta juga ada dewan juri yang ahli dibidangnya masing-masing yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Ketahan Pangan dan Owner Catering Bunda Prabumulih.


    Melalui lomba ini, masyarakat diajak untuk memahami pentingnya mengonsumsi makanan sehat dan beragam, serta meningkatkan kesadaran akan potensi bahan pangan lokal yang sering kali terabaikan. 


    “Dengan memanfaatkan sumber daya lokal, kita dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan pangan impor, meningkatkan perekonomian lokal, dan mempromosikan keanekaragaman budaya kuliner daerah”ujar Ketua TP PKK Kota Prabumulih Ir. Hj. Suryanti Ngesti Rahayu.


    Dikatakan, Lomba Cipta Menu B2SA merupakan salah satu upaya Pemerintah mewujudkan visi pemerintah Kota Prabumulih dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui penganekaragaman konsumsi pangan yang bergizi berbasis sumber daya lokal. Mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan potensi lokal dan melestarikan kearifan lokal di bidang pangan.


    “Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan. Ini tentu menjadi bukti kesadaran dan komitmen kita bersama untuk memperkuat kualitas pangan. Melalui kreativitas dan inovasi, kedepan diharapapkan kita akan dapat menciptakan menu-menu sehat yang tidak hanya menggugah selera, tetapi juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh” ujarnya.


     Tidak lupa, Isteri Walikota Prabumulih ini juga berpesan kepada para peserta dapat menunjukkan keterampilan kuliner mereka, menggabungkan bahan-bahan lokal dengan cara yang unik, dan memberikan nilai tambah pada hidangan yang dihasilkan.


    Selain itu, lomba ini juga diharapkan menjadi platform untuk pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara peserta, juri, dan masyarakat. Melalui proses penilaian yang transparan dan obyektif, peserta lomba akan mendapatkan umpan balik yang berharga untuk pengembangan lebih lanjut. Hal ini akan membantu masyarakat dalam memperkaya repertoar kuliner mereka dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi seimbang dalam setiap hidangan.


    Senada Ketua PKK, Siti dari Dinas Ketahanan Pangan yang juga merupakan penggerak acara Lomba mengungkapkan kekagumannya karena peserta telah menunjukkan dedikasi dan ketekunan dalam mengolah bahan-bahan lokal menjadi hidangan yang luar biasa. Mereka berhasil menghadirkan cita rasa yang berbeda dari tiap sajian.


    "Kita berharap. kegiatan ini tidak putus sampai disini saja. Sebab peluang untuk pemasaran kuliner yang unik yang kaya akan rasa memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Terbukti, beberapa juri yang hadir sangat terpukau dengan tampilan dan rasa pada tiap sejian menu yang dihidangkan oleh peserta. Dan ini tentu saja dapat dikembangkan yang mungkin bisa melibatkan lembaga terkait prosedur dan perizinan untuk dipasarkan secara luas" pungkasnya.


    Sementara itu, salah satu peserta yang dimintai tanggapannya oleh POSMETRO.ID mengungkapkan melalui kegiatan lomba ini dapat membawa Perubahan Positif dalam Masyarakat.


    “Paling penting, kami berharap bahwa Lomba Cipta Menu B2SA akan membawa perubahan positif dalam masyarakat. Kami ingin mendorong masyarakat untuk mengadopsi pola makan yang lebih sehat dan beragam, serta memanfaatkan sumber daya lokal dengan bijak. Semoga lomba ini dapat menjadi inspirasi bagi individu, keluarga, dan komunitas untuk menjalani gaya hidup yang lebih baik dan lebih berkelanjutan”ujarnya.


    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS