-->
  • Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ads

    Baruga Maddika Ponrang Diresmikan, Berbagai Agenda Kedatuan Mulai Dibahas

    28 November 2022, 28.11.22 WIB Last Updated 2022-11-28T03:42:44Z

    Sri Paduka Yang Mulia Datu Luwu

    POSMETRO.ID | LUWU - Acara "Peresmian Baruga Maddika Ponrang" di kelurahan Balo-balo, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu yang dimulai pada pukul 09:30 WITA, Sabtu (26/11/2022). Dihadiri oleh Yang Mulia SRI PADUKA DATU LUWU ke - XL yakni H. Andi Maradang Mackulau, SH. Opu To Bau bersama dengan Permaisuri Opu Datu Luwu yakni istri Datu Luwu. 


    Dan turut hadir tamu undangan Dewan Adat 12 antara lain Maddika Bua (Andi Syaifuddin Kaddi Raja), Makole Baebunta (Andi Masita Kampasu), Djemma Tongeng (Andi Sanad Kaddi Raja), Opu Patunru (Andi Muh. Nur Palullu), KDHI Luwu (Pemangku Syara' Agama di Kedatuan Luwu) Ust. Mustaqim, S.Ag dan segenap perangkat adat lainnya serta pemangku adat di wilayah ke-Maddikaan Ponrang. Serta turut hadir mantan Bupati Luwu Bapak Ir. H. Andi Mudzakkar, MH (cakka). Dan dihadiri pula dari pihak keamanan Bapak Kapolsek Belopa serta beberapa instansi pemerintahan setempat.


    Dalam pertemuan acara Adat ini, Dewan Pemangku Adat Maddika Ponrang yakni Andi Saddawero Kira selaku penanggung jawab kegiatan sekaligus tuan rumah.



    Kegiatan Adat ini bertujuan adalah untuk mengangkat harkat, martabat dan marwah Kedatuan Luwu sekaligus mempererat hubungan tali silaturahmi didalam kerukunan Kedatuan Luwu, khususnya masyarakat Tana Luwu dan umumnya seluruh masyarakat Nusantara.


    Olehnya itu, momentum kegiatan ini juga memperbincangkan berbagai agenda Kedatuan Luwu kedepannya. 


    Salah satu narasumber kami yakni Andi Patawari Palu Seri (Opu Tadda) selaku Ketua Dewan Kehormatan Wija To Luwu bersama Andi Basri Rahmat (Opu Dg. Maloga') selaku Ketua Umum Wija To Luwu yang turut hadir di acara tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan peresmian Baruga Maddika Ponrang adalah simbol Adat Ana Tellue wilayah kekuasaan Maddika Ponrang serta bukti nyata atas perjuangan leluhur yang diamanatkan kepada keturunan anak cucu untuk tetap dan selalu harus dijaga hingga turun temurun generasi yang akan datang, ungkap beliau.


    Acara berlangsung ditutup dengan jamuan makan yang telah dihidangkan oleh penyelenggara dari keluarga pemangku Adat Maddika Ponrang dan diakhiri foto bersama SRI PADUKA Yang Mulia Datu Luwu, beliau mengenakan pakaian santai usai selesai acara peresmian yakni berbaju kaos berkera serta mengenakan topi biru navy dan dipojok kedua dari kanan adalah mantan Bupati Luwu dengan mengenakan baju kemeja bercorak batik serta mengenakan peci nasional.


    Acara tersebut berakhir pada siang hari pukul 13:00 WITA (26/11/2022).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Metro Muba

    +