• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    Golkar, PAN dan PDI Perjuangan Prabumulih Mulai Buka Penjaringan Calon Walikota

    18 April 2024, April 18, 2024 WIB Last Updated 2024-04-18T08:33:29Z
    masukkan script iklan disini
    Dapatkan Segera Promonya di Sini


    POSMETRO.ID, PRABUMULIH - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Prabumulih secara resmi membuka pendaftaran penjaringan untuk bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Bacawako-Bacawawako) Prabumulih 2024. Adapun, pendaftaran penjaringan calon kepala daerah itu dibuka mulai selasa 16 April, kemarin.


    Sekretaris DPC PDIP Kota Prabumulih, Akbar Sirait, mengatakan, pendaftaran dibuka mulai 16 April hingga pertengahan Mei 2024 mendatang.


    “Jadi, bagi yang berniat maju sebagai bacawako melalui PDIP, bisa mendaftarkan diri ke kantor DPC PDIP Kota Prabumulih Jl Lingkar Timur Kelurahan Gunung Ibul” kata Akbar Sirait melalui sambungan telepon ke POSMETRO.ID.


    Dia menyampaikan, pendaftaran bacawaKO tersebut sesuai dengan Surat DPP PDI Perjuangan tahun 2024, tentang penjaringan bakal calon kepala daerah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.


    “Bagi Putra-putri terbaik Kota Prabumulih, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Cendikiawan yang berniat maju sebagai bacawako melalui PDI Perjuangan dan memiliki visi untuk membangun Kota Prabumulih, silahkan mendaftarkan diri, PDI Perjuangan sangat terbuka” ucap Akbar Sirait.


    Dikatakan, PDIP membuka peluang untuk calon dari luar atau eksternal yang merupakan figur atau tokoh masyarakat. Namun demikian, kader partai lain juga diharapkan bisa mendaftar ke PDI Perjuangan.


    Ia berharap seluruh proses ini dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas serta dapat berkontribusi pada pembangunan Kota Prabumulih secara menyeluruh kedepannya. Akbar menegaskan, dalam hal penjaringan, DPC PDIP tidak berhak menentukan dan memtuskan siapa yang akan diusung.



    “DPC PDIP Kota Prabumulih hanya sebatas melakukan penjaringan Calon Walikota dan Wakil Walikota saja. Selanjutnya, DPD Partai akan melakukan fit proper test dan mendalami figur/tokoh yang sudah mendaftar baik di DPC maupun DPD untuk mengetahui peta kekuatan masing-masing figur. Kemudian direkomendasikan ke DPP untuk pengambil keputusan” katanya.


    Saat disinggung tradisi PDIP memajukan kader internal, Akbar Sirait mengklaim jika partainya terbuka dan selalu melakukan penjaringan. 


    Namun demikian, ketika dalam penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Prabumulih 2024, ada kader internal yang lebih siap tentunya akan diperjuangkan.


    “Ini serentak di seluruh Indonesia termasuk juga untuk penjaringan gubernur Sumsel kemungkinan sudah dibuka juga. Nanti ke kantor saja sekalian melihat proses penjaringan yang dilakukan oleh Panitia. Kebetulan saya baru sampai di Prabumulih dari perjalanan Mudik Lebaran kemarin. Main ke kantor Bang sekalian silaturahmi mumpung suasana masih lebaran" ujar Akbar Sirait menutup pembicaraan.


    Penjaringan Calon Walikota Partai Golkar Prabumulih Tanpa Mahar


    Sementara itu, Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Prabumulih, secara resmi membuka penjaringan calon walikota dan wakil walikota Prabumulih baru akan digelar mulai  Senin depan (22-27) April 2024.

     

    "Ini baru sampai di Kota Prabumulih dalam perjalanan mudik dari Jawa. Insha Allah Sabtu besok (20/04-red) Kita akan menggelar Rapat pembentukan Panitia dan Senin 22-27 April DPD Partai Golkar Prabumulih secara resmi akan membuka penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih" ujar Ketua DPD Golkar Prabumulih, Syamdakir Edy Hamid, saat dihubungi POSMETRO.ID melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (18/04/2024).


    Syamdakir menjelaskan, penjaringan ini digelar hanya lima hari dengan harapan partai Golkar bisa mendapatkan calon kepala daerah terbaik yang mempunyai visi memajukan Kota Prabumulih.


    "Kami mengundang kepada Putra putri terbaik Kota Prabumulih, politikus, tokoh-tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat termasuk Insan Pers yang berkeinginan menjadi kepala daerah maupun wakil kepala daerah silahkan mendaftar, mengajukan permohonan dan memenuhi syarat-syarat sebagai calon walikota dan wakil walikota sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ungkapnya.



    Disinggung Calon dari Internal yang bakal diusung Partai Golkar sebagai Kandidat Calon Walikota prabumulih, Syamdakir mengaku di internal Partainya saat ini memang memiliki banyak kader terbaik. Begitu partai Golkar tetap membuka penjaringan kalangan umum di luar Partai untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik untuk ikut ambil bagian termasuk kandidat dari Partai Lain.



    "Tidak dipungkiri dari Internl partai saat ini banyak memiliki kader terbaik, namun tidak ada salahnya untuk memberikan kesempatan kepada para politikus, tokoh-tokoh masyarakat, cendekiawan maupun para pengusaha atau dari kalangan Insan Pers yang memiliki visi untuk memajukan Kota Prabumulih terlebih visi tersebut sejalan dengan visi Partai Golkar. Toh semuanya nanti akan di survei oleh 14 lembaga survey yang kompeten untuk mendapatkan data yang objektif, sebab calon yang disusung adalah calon yang wajib menang bukan untuk main-main," kata Syam.



    Begitu Syamdakir menggarisbawahi bahwa penjaringan kandidat Calon Walikota dari Partai Golkar kali ini tanpa mahar. "Golkar ingin menunjukkan komitmennya sebagai Partai Besar dan telah malang melintang dalam dunia perpolitikan Nasional untuk mengusung Calon Walikota dan Wakil Walikota terbaik pilihan rakyat" tegasnya.



    PAN Prabumulih Siap Dorong Calon dari Internal Partai


     Di tempat terpisah, Ketua DPC PAN Prabumulih, Hermali SPd mengatakan Pendaftaran bakal calon  Walikota dan Wakil Walikota Pemilihan Daerah Prabumulih mulai dibuka pada Jumat (19/4/204/24) dan di tutup pada akhir Mei 2024 mendatang


    " Ya , besok PAN Prabumulih mulai buka pendaftaran walikota dan wakil walikota mulai dari Pukul 10.00 Wib hingga Pukul 16.00 sore. Ini untuk mengambil berkas hingga pengembalian berkas," terangnya melalui sambungan Whatsapp, Kamis 18 April 2024.


    Senada dengan PDI-P dan Golkar, Hermali juga menyebut penjaringan Calon Walikota Prabumulih dari PAN terbuka bagi  masyarakat luas yang berkomitmen dan satu visi misi untuk membangun Prabumulih lebih maju lagi. Selanjutnya berkas penjaringan bakal calon akan di bawa ke propinsi untuk di verifikasi dan Ke DPP Pusat.


    Disinggung Kader Partai yang akan di majukan pada Pemilukada Prabumulih 2024,  Hermali mengungkap jika dirinya siap maju dan mengambil formulir pendaftaran sebagai Wakil Walikota Prabumulih melalui Partai Amanat Nasional Prabumulih.


    " Insyah Allah saya sendiri akan maju untuk kursi wakil walikota Prabumulih melalui PAN, rencana sabtu akan mengambil formulir pendaftaran," bebernya.


    Terkait komunikasi politik dengan Bakal Calon, Sejauh ini menurut Hermali,   baru H Arlan yang sudah membangun komunikasi dengan Partai Amanat Nasional Prabumulih.


    " Namun kita tetap membuka kran komunitas dengan semua pihak dan partai politik manapun, dan Saya pun siapa bersamanya dengan siapa saja asalkan satu frekwensi, karena kita ingin jadi pemenang, " tegasnya.


    KPU : Calon dari Jalur Independen Mulai Dibuka 5 Mei 2024

    Sementara itu, Ketua KPUD Prabumulih, Martadinata menuturkan Pendaftaran jalur perseorangan akan dimulai pada 5 Mei 2024 hingga 19 Agustus 2024. Sesuai aturan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, calon gubernur dan wakil gubernur, calon bupati dan wakil bupati, serta calon wali kota dan wakil wali kota adalah peserta pemilihan yang diusulkan oleh partai politik, gabungan partai politik, atau perseorangan yang didaftarkan ke KPU.



    Martadinata mengungkapkan, rancangan peraturan KPU tentang pencalonan perseorangan itu sudah dalam proses pengajuan ke DPR untuk konsultasi. KPU RI sendiri sudah berkomunikasi dengan unsur pimpinan Komisi II DPR dan pemerintah. Ia berharap PKPU tersebut dapat selesai sebelum tahapan pencalonan perseorangan dimulai pada 5 Mei 2024.


    ”Bagi para tokoh yang ingin menjadi bakal calon perseorangan, maka dapat berkomunikasi dengan KPU Prabumulih. KPU siap memberikan fasilitas pelayanan berkaitan dengan pencalonan perseorangan,” kata Marthadinata

    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS