• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    Pj Wali Kota Tebing Tinggi Paparkan Program I-SIM For Cites di APEKSI

    15 Maret 2023, Maret 15, 2023 WIB Last Updated 2023-03-15T08:33:03Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    POSMETRO.ID | TEBING TINGGI - Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi didaulat menjadi nara sumber (Lesson Learned Webinar Series) Eco UMKM Untuk Tebing Tinggi Sejahtera, di Kantor Direktorat APEKSI, Jalan Taman Rasuna Selatan - Kuningan , Jakarta, Rabu (15/3/2023), yang diikuti peserta dari daerah secara webinar (virtual).


    Hal ini karena Pemerintah Kota Tebing Tinggi dinilai berhasil terkait program- program I-SIM For Cities. Hal ini dibuktikan dengan Kota Tebing Tinggi meraih Penghargaan Terbaik ke 2 dari 74 kota, dalam program Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) For Cities tahun 2022. 


    Karenanya, Muhammad Dimiyathi diundang untuk memberi pengalaman kepada daerah-daerah, terkait kiat sukses Kota Tebing Tinggi, sebagai kota peraih penghargaan sebagai Juara Terbaik 2 I-SIM For Cities.


    Dalam paparannya, Muhammad Dimiyathi meyampaikan, Pemko Tebing Tinggi mendukung program pemulihan ekonomi nasional melalui UMKM, yang diharapkan dapat berdampak pada peningkatan kapabilitas dan sustainability UMKM, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.


    Eco UMKM berkelanjutan di Kota Tebing Tinggi diantaranya, batik khas, kain songket, olahan pisang, dan Eco Print Kota Tebingtinggi terintegrasi dengan program Bank Sampah, yang olahannya berbahan baku limbah atau sampah.


    Dijelaskan Dimiyathi, dampak pembangunan berkelanjutan Pemko Tebing Tinggi terhadap pendapatan UMKM pertahunnya mengalami peningkatan. Eco print menghasilkan Rp.6,5 juta perbulan, bioflok ikan Rp.8 juta per bulan dan kripik pisang Rp.13 juta perbulan dengan grafik tahun 2020 berjumlah 168 juta, 2021 berjumlah 240 juta dan ditahun 2022 pendapatan meningkat hingga mencapai 330 juta.


    Pj Wali Kota juga mengungkapkan, dalam program ini, Pemko Tebing tinggi berhasil meraih Penghargaan Terbaik ke 2, dari 74 kota dalam program Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) For Cities tahun 2022. 


    Penghargaan ini diberikan pada saat konfrensi tahunan SDGs Indonesia Tahun 2022 (SDGs Annual Conference 2022), tutup Dimiyathi.


    APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) bersama dengan PT Surveyor Indonesia pada tahun 2022 lalu, telah menginisiasi program Rating dan Awarding SDGs untuk Pemerintah Kota, yaitu Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) For Cities.


    Program yang juga mendapat dukungan dari Kementerian PPN/Bappenas melalui sekretariat nasional SDGs ini, merupakan gerakan inisiatif dalam meningkatkan integrasi, sinergi dan kolaborasi multi stakeholders dalam ekosistem pembangunan berkelanjutan di Indonesia.- (IAG)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini